Berkembangya dunia bisnis dan aktivitas perekonomian di Cipedak

Berkembangya dunia bisnis dan aktivitas perekonomian di Cipedak, maka dibutuhkanya sarana transportasi untuk menunjang kegiatan tersebut. Transportasi yang digunakan adalah kendaraan beroda dua maupun beroda empat, baik itu milik pribadi maupun kendaraan umum. Suatau kenyataan bahwa kendaraan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Cipedak. Tidak saja untuk pergi ke kantor bagi pegawai, tetapi juga untuk ke tempat kerja lainya seperti pasar, sekolah, ke proyek dan lain sebagainya. Bertambah banyaknya kendaraan tersebut, jelas membawa efek peningkatan pada kebutuhan bahan bakar. Dan membuka peluang yang sangat bagus bagi pembisnis yang mempunyai modal cukup besar untuk membuka usaha SPBU yang tentunya sangat di butuhkan para pengguna kendaraan tersebut. Melalui adanya SPBU ini masyarakat dapat lebih mundah mendpatkan bahan bakar minyak. Pendirian SPBU ini adalah untuk membantu menyediakan bahan bakar seperti solar, dexlite, pertamina dex, prmium, pertalite, pertamax, pertamax turbo. Sehingga kebutuhan masyarakat akan bahan bakar dapat terpenuhi dan termeningkat dari hari ke hari.

Ketika ingin mendirikan sebuah perusahaan perseorangan kita harus memperhatikan syarat-syarat dan prosedur yang berlaku di Indonesia. Perlu untuk diketahui tentang pengertian perusahaan. Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang keseluruhanya dimiliki oleh perorangan. Untuk mendirikan usaha SPBU, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Izin Mendirikan Bagunan (IMB), Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sedangkan untuk persyaratan lainya adalah rekomendasi dari bank berhubungan dengan saldo minimal dalam rekening perusahaan dan juga izin prinsip serta rekomendasi yang sudah dikeluarkan oleh kepala daerah atau kelengkapan tanah yaitu sertifikat.
Dari permasalahan-permasalahan yang telah dikemukakan diatas, maka penulis bertujuan untuk melakukan penelitian terkait peraturan perizinan kepemilikan perseorangan di SPBU. Dengan adanya latar belakang seperti yang telah diuraikan di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang “Prosdur Perizinan Kepemilikan Perseorangan Pada SPBU 34-126.11 Cipedak Jagakarsa, Jakarta Selatan”