Perpustakaan adalah suatu lembaga yang mana mengelola berbagai macam koleksi karya tulis

Perpustakaan adalah suatu lembaga yang mana mengelola berbagai macam koleksi karya tulis, karya cetak secara profesional dengan sistem yang lazim guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Sebagai sebuah lembaga, maka keberadaan perpustakaan tidak bisa lepas dari struktur yang membentuknya, yaitu koleksi, tanaga, sarana dan prasarana, dan sumber dana, sehingga sistem kinerjanya akan teratur dan terkontrol.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat pada masa ini telah terealisasikan pada perkembangan dan dinamisasi kehidupan manusia. Teknologi informasi telah menjadi suatu pemamdu dalam interaksi antar manusia di berbagai dunia, dimana masyarakat seluruh dunia dapat dengan mudah dan bebas berinteraksi dan menukar informasi antar sesama sebagai wujud dari era globalisasi.
Kejadian ini menyebabkan informasi yang dulunya diandalkan melalui perpustakaan, kini telah teralihkan oleh mesin pencari data seperti Google dan lain sejenisnya. Berdasarkan pernyataan tersebut, posisi perpustakaan pun saat ini telah beralih dari sekedar berupa bangunan dan rak-rak buku kepada lembaga yang mempunyai jaringan dengan ketersediaan informasi di dunia maya. Hal ini bertujuan untuk bersaing agar kita tidak tersingkirkan oleh informasi teknologi global.
Namun hal itu perlu di pertimbangkan juga, potensi kesempatan pengetahuan guru bisa saja diabaikan karena telah diwakili oleh teknologi canggih terkini. Contohnya seperti; Anak menjadi jarang membaca buku karena telah banyak buku digital. Anak jadi jarang membeli buku ditoko karena bisa pesan ditoko buku online. Anak lebih asyik berselancar di Google dari pada berselancar di perpustakaan. Mereka tidak mau meminjam buku di perpustakaan, karena perpustakaan saat ini banyak yang ketinggalan zaman. Perpustakaan di anggap dengan tempat yang tidak asyik, membosankan, koleksinya kuno alias tidak terbaru,terkini, pelayanannya masih manual biasa saja belum otomasi, sehingga selain sulit dan lama belum tentu apa yang dicari didapatkan.

Lalu bagaimana dengan perpustakaan sekolah? Bahkan perpustakaan kelas kalian? Masih adakah tempat di benak para siswa kita, ketika mereka membutuhkan informasi mereka tidak langsung menuju ke perpustakaan. Bahkan meeka menunda sebuah pekerjaan, banyak ditemukan faktanya jika seorang siswa maupun mahasiswa mendapat tugas dari guru, mereka biasanya akan mengerjakan H-1 tugas dikumpulkan. Sungguh ini sebuah tantangan yang luar biasa, inilah ketika perpustakaan sekolah dengan segala keterbatasannya dihadapkan pada era informasi yang kini lebih mengedepankan serba digital, serba cepat, serba instan, dan serba baru. Lalu bagaimanakah perpustakaan menghadapi tantangan tersebut? Tentunya akan membutuhkan berbagai strategi yang tepat dan ampuh untuk di aplikasikan dalam mengelola dan mengembangan perpustakaan di era seperti sekarang ini.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now